Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Mewujudkan Administrasi Pertanggungjawaban Keuangan Yang Benar Bawaslu Pasaman Gelar Bimtek

Sambutan ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman

Kata Sambutan oleh Rini Juita, MA, C.Med

Bawaslu Pasaman Gelar Bimtek di Bukittinggi
Rini Juita : Pentingnya Mewujudkan Administrasi Pertanggungjawaban Keuangan Yang Benar Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Administrasi Keuangan dan Kearsipan Bawaslu Kabupaten Pasaman.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 peserta dari unsur staf pengelola keuangan dan staf pelaksana teknis Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pasaman. Kegiatan tersebut digelar di Rocky Hotel Bukittinggi, 29 Februari dan 30 Maret 2024.

Dalam pembukaan kegiatan, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Rini Juita menyampaikan, pentingnya mewujudkan administrasi pertanggungjawaban keuangan yang benar, tertib, transparan, professional dan akuntabel di lingkungan Bawaslu Kabupaten Pasaman.

“Sebagai lembaga/badan publik Bawaslu diwajibkan untuk mengelola keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku, tolong jaga kepercayaan masyarakat”, tutur Rini.

Selain mewujudkan administrasi pertanggungjawaban keuangan yang benar, tertib, transparan, professional dan akuntabel, Rini menambahkan bahwa pengelolaan keuangan dan kearsipan Panwaslu Kecamatan merupakan garda terdepan dalam hal mendukung kerja-kerja pengawasan jajaran Panwaslu Kecamatan.

Terdapat empat narasumber pada kegiatan bimtek yang terdiri dari narasumber internal dan eksternal.

Narasumber eksternal diisi oleh Reza Kurniawan dari KPPN kota Padang. Pria kelahiran tahun 1999 ini menjelaskan tentang pengelolaan keuangan dengan aplikasi "Sakti" mencakup keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan.

Kemudian kegiatan bimtek dilanjutkan dengan pemaparan narasumber kedua dari internal Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Vifner, SH. MH.,  memaparkan tentang Pertanggungjawaban dalam Pengelolaan Anggaran.

Vifner memaparkan poin-poin krusial dalam mewujudkan keseragaman dan ketertiban dalam pengelolaan keuangan/anggaran Pemilu pada kesekretariatan di lingkungan Bawaslu.

"Rekan-rekan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan untuk terus berkoordinasi pada kesempatan pertama dengan Bawaslu Kabupaten Pasaman apabila mengalami kendala dalam mengelola keuangan baik secara daring maupun luring." pintanya.

Bimtek pengelolaan administrasi keuangan dan kearsipan di lingkungan Bawaslu Kabupaten Pasaman dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pasaman diakhiri dengan diskusi dan tanya-jawab