Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu kabupaten Pasaman Raih karya foto Terbaik Srikandi mengawasi Pemilu

Puncak Kegiatan 16 Tahun Bawaslu mengawasi

Ketua Bawaslu Republik Indonesia Serahkan Penghargaan Karya Foto terbaik

Bawaslu Kabupaten Pasaman ikuti puncak Rangkaian HUT Ke-16 Bawaslu kabupaten Pasaman raih karya foto terbaik srikandi mengawasi Pemilu tingakt Kab/kota

Jakarta - Bawaslu Kabupaten Pasaman, Anggota dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong mengikuti Jalan Sehat (Bawaslu on Car Free Day). Acara itu merupakan puncak rangkaian HUT Ke-16 Bawaslu sekaligus memperingati Hari Kartini. Minggu (21/4/2024).

Puncak rangkaian HUT ke-16 ini diramaikan oleh ribuan pengawas pemilu termasuk srikandi pengawas pemilu seluruh Indonesia dengan mengkampanyekan 'kawal literasi pemilihan inklusi'. Pimpinan Bawaslu, Rahmat Bagja, Herwyn JH Malonda, Lolly Suhenty, Totok Hariyono serta jajaran kesekjenan Bawaslu turut mengikuti jalan sehat seraya mengajak masyarakat ikut berpartisipasi mengawasi gelaran Pilkada 2024

."Sebentar lagi, kita akan mulai mengawasi tahapan Pilkada di Indonesia. Awasi seluruhnya, awasi, cegah, tindak dan lakukan mulai sekarang," cetus Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di hadapan ribuan pengawas pemilu di Kantor Bawaslu, Jakarta.

Dalam peringatan hari kartini, Bagja berharap Hari Kartini 2024 adalah penghormatan Bawaslu kepada para srikandi pengawas pemilu Indonesia. "Terima kasih atas bantuannya yang mengawasi Pemilu di Indonesia. Selamat HUT ke-16 Bawaslu dan selamat hari kartini bagi para perempuan tangguh yang ada di Bawaslu," sebut laki-laki kelahiran Medan, Sumatera Utara itu.

Sementara Kepala Deputi Pemenuhan Hak Anak Kemen-PPPA Pribudiarta Nur Sitepu mengingatkan dalam peringatan hari kartini ini untuk meneladani kiprah dan perjuangan Kartini yang tidak pernah berhenti berpikir mengasah kesadarannya tentang menjadi perempuan, tentang penindasan pribumi, dan tentnag adat istiadat.

"Perempuan perlu meningkatkan pemahaman politiknya agar suara yang diberikan bisa berdampak pada peningkatan kualitas pemilu dan pilkada. Perempuan perlu seyogyanya menempatkan diri pada pemilih yang rasional, dan bukan sebaliknya terjebak adalam pragmatisme dan politik uang," kata dia.

Kegiatan jalan sehat dimulai dari depan gedung Bawaslu RI, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat. Para peserta berjalan hingga ke Bundaran HI, dan kembali ke Bawaslu. Acara tersebut bertemakan 'Kawal literasi pemilihan inklusi', Serta Pameran Foto "Srikandi Pengawasan Pemilu", Fun Quiz dan Music Performance Eits.